Mengenal Talawang Kalteng

Hari ini mau sedikit berbagi info nih buat yang suka sama Kalimantan Tengah dan segala serba serbi yang masih terkait di dalamnya soalnya siapa tau aja ada yang bisa bermanfaat buat kita semua.

Suku Dayak sebagai suku asli penghuni pulau Kalimantan tentu saja memiliki kekayaan khasanah budaya, tradisi dan sejarah yang luar biasa termasuk didalamnya adalah berbagai kelengkapan perang dan berburu di masa lalu.

Salah satunya adalah Talawang yakni sebuah alat yang berfungsi sebagai sarana perlindungan diri berupa tameng berukuran besar terbuat dari kayu berlukiskan berbagai motif maupun ukiran khas dari suku dayak.

Saya sendir baru mengenal Talawang Kalteng ini kira-kira saat masih duduk di bangku sekolah dasar khususnya saat mengunjungi museum karena disana banyak sekali tersimpan benda penginggalan khas sejarah yang bermanfaat menambah wawasan kita.

Selain benda tersebut biasanya juga dilengkapi dengan penyang semacam jimat terbuat dari gigi dan taring binatang yang berfungsi memunculkan kekuatan magis bagi siapa saja penggunanya, nah menarik bukan? ayo kita kenali sejarah dan budaya Kalimantan Tengah.